Jumat, 09 Mei 2008

CARAKAN: Aplikasi Pengkonversi Aksara Jawa HANACARAKA ke Aksara Latin (vice verse)

Setelah beberapa lama tertunda, akhirnya hari ini saya putuskan untuk merilis CARAKAN: Aplikasi Pengkonversi Aksara Jawa HANACARAKA ke Aksara Latin (vice verse). Dengan dipublikasikannya aplikasi ini saya harapkan dapat memberikan manfaat bagi Anda, Saudara atau Teman kita yang ingin belajar Aksara Jawa Hanacaraka dengan lebih mudah dan lebih bersemangat.

Aplikasi ini merupakan versi awal, tentunya akan banyak ditemui keterbatasannya (bug). Dengan dipublikasikan ke umum, saya berharap mendapatkan masukan untuk mengembangkan aplikasi ini ke arah yang lebih baik lagi.

17 komentar:

Anonim mengatakan...

alhamdulillah...ini yang saya tunggu tunggu. Saya sudah sekian lama ingin sekali menciptakan software ini dan ingin dipergunakan secara bebas tapi dah keduluan sama anda, mas. Anda memang luar biasa. Semoga cita-cita kita untuk nguri-uri kabudayan jawa semakin bersinar. Selamat untuk anda dan ijinkan saya menggunakan software ini untuk saya sebarkan secara non komersial mas. Maturnuwun...

hanimonz mengatakan...

mas, tapi kalau tulisan jawanya dituliskan pada blog atau friendster kok hasilnya kotak2?

Selamat untuk anda dan ijinkan saya menggunakan software ini untuk saya sebarkan secara non komersial mas. Maturnuwun...

Anonim mengatakan...

Ii merupakan sarana saya yg sangat berharga untuk lebih mengenal kebudayaan jawa.
matursembah nuwun.

Unknown mengatakan...

Percaya bahwa budaya bangsa Indonesia adalah memiliki nilai yang adiluhung, maka membuat bangsa ini dengan bangga melestarikannya. Basa Jawa adalah satu dari banyak ragam budaya bangsa Indonesia.
Terimakasih telah dibuatkannya software "hanacaraka" ini, dan telah disebarkannya secara cuma-cuma, yang bisa membantu mewariskan satu budaya tulis bangsa Indonesia.
salam sejahtera, prakosa

Anonim mengatakan...

kok ga bisa d unduh ya??

Anonim mengatakan...

Saya kesulitan menulis "Fanta atau Vatikan" dengan hurf jawa...saya konversi pakai program ini, menurut salah seorang guru...masih salah..

Pa : bisa dibaca ke Fa atau Va, jika diatasnya diberi 3 tanda "cecak"

Mungkin bisa menjadi masukan...
Nuwun

Iyuss13

Nugroho mengatakan...

kami sangat senang adanya software ini, sayangnya sulit downloadnya...
mungkin bisa dipermudah ?

Anonim mengatakan...

Mas Bayu yang baik hati rajin membantu dan suka menolong, saya sudah lama menggunaken carakan Mas Bayu dan saya puas meski menurut Mas Bayu ini versi awal, memang ada keterbatasan karena belum bisa langsung masuk ke word office secara langsung
sehingga pada waktu saya ketik untuk undangan dan atau pidato tidak dapat di cetak langsung, juga hasil conversi ke HTML nya masih terpisah jauh antara suku kata yang ada, harap Mas Bayu mengupayakan penyempurnaannya, agar saya dapat berkirim surat ke Europe dengan bangga karena menyertaken tulisan Jawa yang Agung ini sebagaimana standart protokoler International harus menyertaken bahasa asli dan baru diterjemahken ke bahasa tujuan, maka akan saya sertakan bukan hanya bahasa Jawanya aken tetapi berikut huruf Jawanya sekalian, bagaimana menurut Mas Bayu, setuju?
setuju aja deh ya Mas, ntar panjang lagi loh tulisanku ini.
Matur Nuwun Mas Bayu atas perjuangannya, sungguh Ibu Pertiwi dan leluhur Jawa tidak akan mengabaikan perjuangan Mas Bayu.
BERSEMANGAAAAAAAAT ! ! !

Anonim mengatakan...

Terlalu banyak apresiasi dikepala yang ingin saya ungkapkan namun tak dapat di rumuskan dengan kata-kata atas lahirnya software aksara jawa ini.
Matur nuwun sanget nggih...!

jenis burung berkicau mengatakan...

terima kasih softwarenya mas, ini sangat membantu kami kaum muda untuk terus melestarikan budaya jawa.
mohon izin bila sewaktu waktu saya posting software ini di blog saya, trima kasih.

indriyani voluntiri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Mbah Parto mengatakan...

Mas, ngaturaken gunging panuwun saking telenging manah amargi Masipun sampun kintun ngelmu ingkang mbarakahi. Mugi pikantuk kabegjan lan karaharjan kang tansah murwat saking Gusti Kang Maha Manon.

Anonim mengatakan...

nice.. java tribe's original letter still stand between us. keep up the good job!

Sharing And Download Center mengatakan...

mas cara convert file carakan ke word[dokumen] bagaimana caranya?????
mohon petunjuk
soalnya saya coba pake copas ke notpad,word ga bisa

Anonim mengatakan...

pak bayu, kulo nembe mawon mangertos karya panjenengan ingkang sae sanget, kulo nderek download nggeh, namung kulo bade tangklet menawi bade dipun copy wonten ms word kok dereng saget nggeh, nyuwun petunjukipun, kawulo nyuwun menawi saget dipun serat dumateng : hanif.enka@yahoo.com
matur nuwun sanget.

Unknown mengatakan...

alhamdulillah...... :)

Advertising dan Huruf Timbul Semarang mengatakan...

mas saya ijin copas,maaf saya bukan asli orang jawa,tetapi saya ingin belajar banyak tentang ini.
terimakasih